Kerajinan Batik Tasikmalaya

0 236

Kota Tasikmalaya merupakan salah satu Kota di Jawa Barat penghasil batik yang berasal dari daerah Priangan. Kota/kabupaten yang dijuluki sebagai “Kota Santri” ini, ternyata tidak hanya menimbun potensi benda-benda kerajinan dan kain bordir saja, namun kabupaten/kota ini juga menghasilkan batik dengan bermacam-macam motif yang unik dan menawan sehingga berbeda dengan batik khas dari daerah lain.

Perbedaan Batik Tasik ini dengan batik lainnya terutama batik keraton, Motif dan corak batik Tasikmalaya dibuat tidak melihat dan berdasarkan status sosial calon pemakainya, hal ini selaras dengan sistem sosial masyarakat di Tasikmalaya yang menekankan pentingnya kesetaraan dan kesamaan. Jadi, Batik Tasik ini lebih luwes dan bisa dibilang modern, sebab tidak ada pakem yang terlalu mengikat. Motif-motifnya juga menarik.

Batik Tasikmalaya terdiri Atas Tiga Karakter Utama

  • Batik Sukapura (Sukaraja)¬†yang secara sepintas menyerupai batik Madura dengan motif yang berirama kontras, baik dalam hal ukuran motif maupun tata warnanya. Ciri khas lain dari batik Sukapura ini adalah warna-warna tanah yang digunakan.

  • Batik sawoan yang didominasi warna cokelat seperti warna buah sawo, ditambah warna indigo dan cecak-cecak berwarna putih.

  • Batik Tasik (Tasikan) yang memiliki komposisi warna yang lebih cerah dan kaya Motif-motif batik tasikmalaya ada diantaranya yang mirip dengan batik garut/garutan. Pada batik Sukapura jarang dijumpai isen-isen, kalaupun ada tidak dibuat secara rinci.

Source Kerajinan Batik Tasikmalaya Batik Tasik Yang Unik
Comments
Loading...