Kerajinan Batik Tubo Ternate Di Maluku Utara

0 396

Kerajinan Batik Tubo Ternate Di Maluku Utara

Empat motif terbaru Batik Tubo Ternate, Maluku Utara (Malut) telah meluncur ke pasaran. Peminatnya bisa memilikinya di berbagai galeri di daerah itu.

“Rumah oleh-oleh khas Malut merupakan salah satu solusi bagi para pengrajin IKM dan UKM untuk mengembangkan pasar. Sehingga produk dari para pelaku usaha termasuk Batik Tubo dapat dijual. Tidak hanya di satu tempat tetapi di banyak tempat,” kata pemilik Batik Tubo, Kustalani Syakir di Ternate.

Empat motif terbaru Batik Tubo yang diluncurkan bertepatan dengan peresmian rumah oleh-oleh itu. Di antaranya motif Fuli Pala, motif Amo Maitara, motif Ikang Cakalang dan motif Funai.

Empat motif tersebut memiliki filosofi berbeda-beda, salah satunya adalah motif Funai yang merupakan alat mancing di Malut dan menjadi ikon atau nilai tersendiri. Sehingga diangkat menjadi salah satu motif.

Kustalani mengaku, jika ditambah dengan empat motif yang baru diluncurkan, maka jumlah keseluruhan motif yang dimiliki batik tubo menjadi 37. Adapun konsep rumah oleh-oleh secara keseluruhan menampung berbagai produk IKM dan UKM yang kreatif. Serta memiliki nilai ekonomi tinggi.

Source https://infonawacita.com https://infonawacita.com/batik-tubo-ternate-tambah-koleksi-motif/
Comments
Loading...