Kerajinan Batik Tulis Brebes Rambah Amerika

0 108

Kerajinan Batik Tulis Brebes

Di wilayah barat daya Kabupaten Brebes Cicih sering melihat ibunya mengerjakan pesanan batik dari pembeli di wilayahnya, Desa Salem Kecamatan Salem. Melihat potensi inilah Cicih Darminingsih, merasa tergugah untuk bisa melestarikan kerajinan batik tulis khas daerahnya.

Tahun 2000 merupakan awal kelanjutan usaha batik Cicih. Bermodalkan uang pribadi sebesar 5 juta rupiah, Cicih memulai usaha dengan bahan baku seadanya. Wilayah pemasaran batiknya pun masih terbatas. Kegigihannya dalam melanjutkan usaha bati warisan keluarga memang berbuah manis. Lokasi usaha batiknya yang berada di sekitar hutan Salem mengundang ketertarikan Perhutani.

Usaha batiknya juga mulai dikenal berkat kegiatan dan pameran lokal yang diadakan Perhutani, di Kota Brebes dan sekitarnya. Dan tepatnya tahun 2012. Cicih pun mendapatkan pinjaman lunak dari Program PKBL Perhutani, karena pemangku hutan ini melihat keseriusan, dan produk batiknya yang laku di pasaran terutama di wilayah Perhutani Pekalongan Barat. Karena semakin dikenal, batik Cicih sering diajak mengikuti pameran Inacraft di Malaysia, dan akhirnya permintaan pesanan pun berdatangan dari Malaysia bahkan saat ini sudah merambah Amerika Serikat.

Source Kerajinan Batik Tulis Brebes Rambah Amerika Kerajinan Batik Tulis Brebes Rambah Amerika
Comments
Loading...