Kerajinan Batik Tulis Garutan

0 179

Kekayaan budaya Jawa Barat memiliki banyak keunggulan termasuk ragam corak batik dengan kekhasan daerah masing-masing. Sayangnya, banyak kekhasan batik dari daerah-daerah tersebut yang kini hampir punah. Untuk menjaga agar batik tetap lestari, salah satu caranya dengan lebih menyesuaikan batik baik dari corak maupun warnanya dengan selera pasar saat ini. Saat ini banyak terdapat Pengrajin Batik Tulis Garut. Perintisnya yaitu Enny Lestari Dewi  warga Galumpit Sasak kabupaten Garut.

Batik Garut atau Garutan

Motif batik garutan umumnya menghadirkan ragam hias datar, bentuk-bentuk geometrik. Bentuk-bentuk geometrik ini mengarah secara diagonal, bentuk kawung, atau belah ketupat. Ada pula motif-motif yang mengambil pola bentuk-bentuk flora dan fauna. Sementara warna yang digunakan dalam batik garutan umumnya warna cerah, seperti krem, merah, hijau, dan kuning.

Motif-motif yang khas garutan diantaranya Motif Turih Oncom, Merak Ngibing, ReReng Apel, dan Kawung Ece. Motif-motif ini kemudian dimodifikasi dan lahirlah motif-motif baru seperti Lereng Eneng, Lereng Udang, Suliga Ukel, Sintung, Cupat Manggu, Siku Seling, Kumeli Bunga, Adumanis, Patah Tebu, Rereng Calung, Barong Kembang, Sidomukti, Limar, Cakra, Ayakan, Angkin, dan sebagainya. Batik Garutan sudah menjadi barang souvenir sejak jaman Belanda.

Source Kerajinan Batik Tulis Garutan Batik Jawa Barat (Berbagai Jenis Batik Asal Jawa Barat)
Comments
Loading...