Kerajinan Batik Tulis Kace Timur Di Bangka

0 177

Kerajinan Batik Tulis Kace Timur Di Bangka

Kain batik biasanya memang identik dengan masyarakat Jawa. Namun, jangan salah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki batik khas yakni Batik Tulis Kace Timur yang tak kalah menarik, karena memiliki corak dan karakter berbeda dengan batik lain pada umumnya.

Jika penyuka batik dan penasaran akan proses pembuatan batik tulis khas Bangka ini. Bisa datang langsung ke Desa Kace Timur, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Pasalnya di sini, Anda bisa melihat kreasi para ibu-ibu membuat batik tulis yang masih dilakukan secara manual.

Pembuatannya pun dapat dijumpai di galeri Batik Tulis, Desa Kace Timur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Di galeri ini pengunjung akan disuguhi langsung cara pembuatan batik tulis yang dilakukan oleh ibu-ibu anggota pengrajin batik tulis.

Jika dilihat proses pembuatan batik tulis ini pun sekilas sama dengan cara pembuatan batik lain pada umumnya. Tetapi, uniknya batik ini dibuat cara manual, di mana corak pada kain dipola terlebih dahulu menggunakan sebuah pena atau pensil sesuai dengan motif dan corak yang diinginkan.

Kemudian proses pencantingan dengan membubuhkan lilin malam kualitas terbaik pada corak yang sudah tergambar. “Pada proses ini memang agak rumit karena membutuhkan ketelitian serta kesabaran tingkat tinggi,” ucap Ketua Pengrajin Batik Tulis Kace Timur, Eva Deswanti

Agar terlihat cerah dan menarik, kain yang sudah dilakukan pencantingan kemudian diberikan pewarnaan dengan menggunakan bahan pewarna jenis rhemason. Terlihat detail corak pun menjadi lebih jelas usai dilakukan proses tersebut.

Selanjutnya, kata Eva proses pengklorotan atau perebusan kain pada bahan air mendidih dilakukan. Proses ini berguna untuk menghilangkan lilin malam pada kain, lalu kain dijemur hingga kering.

“Mengenai lamanya proses pembuatan, satu kain batik tulis khas Bangka ini membutuhkan waktu sekitar dua hari dari proses awal hingga jadi sesuai motif corak diinginkan. Soal harga berbeda-beda tergantung motif dan coraknya, satu kain potong Batik Tulis Kace Timur yang sudah jadi kisaran Rp200-300 ribu per kainnya,” paparnya.

Kendati demikian, keberadaan usaha pembuatan batik ini pun mendapatkan tanggapan positif dari ibu-ibu setempat alias warga Kace Timur yang dengan antusias bergabung dengan mencari penghasilan tambahan dengan membuat batik tulis.

Namun sayang, pemasaran kain batik yang dilakukan oleh pengrajin di sini masih cukup terbatas, maka dari itu butuh peran serta pemerintah daerah setempat untuk sama-sama mempromosikan produk anak bangsa akan ciri khas daerahnya.

Source https://lifestyle.okezone.com https://lifestyle.okezone.com/read/2017/10/10/194/1792808/fashion-heritage-mengenal-batik-tulis-kace-timur-khas-bangka-yang-tak-kalah-menarik
Comments
Loading...