Kerajinan Batik Tulis Kebon Di Klaten

0 292

Kerajinan Batik Tulis Kebon Di Klaten

Kerajinan batik tulis Desa Kebon Kecamatan Bayat memiliki keunikan tersendiri dibanding batik daerah lainnya. Batik tulis Kebon lebih banyak menerapkan motif nuansa tumbuh-tumbuhan.

Usut punya usut, motif tersebut terinspirasi dari lingkungan sekitar para perajin. Ketua Kelompok Perajin Batik Kebon, Suminah, mengemukakan, motif dedaunan sengaja dikembangkan sebagai ciri khas batik Kebon karena lingkungan yang masih asri dan terdapat banyak tanaman.

Tema batik disini memang kearifan lokal, idenya dari tanaman di pekarangan sekitar rumah. Ada daun singkong, pepaya, nangka, mangga, dan lainnya. Semua daun bisa dikembangkan jadi motif batik. Makanya untuk batik dari sini dinamakan batik Kebon Indah,” kata Suminah.

Tak hanya motif daun, nuansa alami batik Kebon juga dikembangkan dengan penggunaan pewarna alam. Pewarna alam terbuat dari dedaunan dan akar pohon. Namun untuk pewarna alam para perajin masih membeli dari Kota Solo. Menurut Sekretaris Kelompok Perajin Batik Kebon, Ningsih, bahan dedaunan dan akar pohon dari wilayah sekitar belum cukup bagus untuk dijadikan pewarna alam.

Hasilnya berbeda. Apalagi disini tidak ada pohon mahoni, dan beberapa pohon lain yang bisa dipakai untuk pewarna alam. Jadi masih harus beli dari Solo dan Yogya,” kata Ningsih.

Source http://klaten.sorot.co http://klaten.sorot.co/berita-3775-batik-kebon-angkat-tanaman-dari-kebun-sekitar.html
Comments
Loading...