Kerajinan Batik Tulis Khas Desa Lorok, Pacitan

0 186

Kerajinan Batik Tulis

Lorok adalah nama yang populer untuk penyebutan wilayah pacitan sisi selatan yang terdiri dari Kecamatan Tulakan, Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Sudimoro, Pacitan, Jawa Timur. Tiga kecamatan tersebut dahulu kala menjadi satu kawedanan, dimana pusat pemerintahannya berada di Desa Ngadirojo, Kecamatan Ngadirojo.

Sejak tahun 1980-an, Lorok terkenal akan produksi batik yang mempunyai kualitas dan cecek kecil – kecil yang menggambarkan kesulitan dalam membatiknya. Pada tahun 2000-an geliat UMKM khususnya Kerajinan batik, semakin meningkat dari segi jumlah pembatik, metode pewarnaan alami dan sistem pemasarannya.

Perkembangan metode pewarnaan tahun 2000-an, yang peling menonjol adalah penggunaan bahan-bahan alami yang berasal dari akar-akaran, dan kulit pohon lokal sebagai pewarnanya. Warna alaminya ini menjadi daya tarik bagi pembeli dan dianggap ramah lingkungan. Sedangkan untuk pemasarannya, batik Lorok dibantu oleh yang sudah menembus pasar nasional.

Salah satu Perajin yang bernama Kim sebagai mitra UMKM di Pacitan melihat besarnya peluang yang bisa dioptimalkan dari kerajinan batik Lorok, salah satu yang ditempuh Kim adalah membuat sentra batik online yang bisa menampung semua batik yang dihasilkan pengrajin di Lorok.

Source Kerajinan Batik Tulis Khas Desa Lorok, Pacitan Kerajinan Batik Tulis Khas Desa Lorok, Pacitan
Comments
Loading...