Kerajinan Batik Tulis Motif Kembang Turi Di Surabaya

0 347

Kerajinan Batik Tulis Motif Kembang Turi Di Surabaya

Sebagai kampung percontohan, Kampung Gundih di RT 4/RW 10 Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan, Surabaya, memiliki cara untuk mengembangkan potensi ekonomi warga. Kampung dengan julukan ‘kampung hijau’ ini membuat oleh-oleh khas yang diproduksi langsung oleh warga sendiri, yakni batik tulis. Tetapi bukan sembarang batik tulis. Batik dari kampung ini memiliki kekhasan, yaitu motif kembang turi. Beberapa motif yang ditambahkan, motif Tugu Pahlawan.

Sunarti, Koordinator pembuat batik tulis Kampung Gundih mengatakan, inspirasi motif itu muncul dari identitas kampung ini. Awalnya, hanya empat warga yang mendapat pelatihan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Namun, karena potensi penjualan batik ini terbilang prospektif, maka mulai banyak warga yang tertarik. Sejak memenangkan sejumlah lomba lingkungan, Kampung Hijau Gundih semakin terkenal. Bahkan, menjadi percontohan tempat studi banding. Termasuk saat Surabaya menjadi tuan rumah even Internasional Prepcomm UN Habitat III pada 2016 lalu. Kampung ini menjadi salah satu jujugan tamu dari beberapa negara sahabat, untuk melihat dan belajar tentang permukiman.

Namun, lantaran kampung semakin berkembang, banyak warga yang kini punya profesi lain. Membuat usaha batik tulis ini hanya digarap sekenanya atau saat ada waktu luang. Harga itu, diakui Sunarti, terbilang murah. Sebab yang membuat baru pemula. Nanti jika sudah mahir, harga kain bisa naik dua kali lipat, seiring meningkatnya kualitas batik tulis yang dibuat.

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2017/07/09/batik-tulis-kembang-turi-produk-khas-kampung-gundih?page=2
Comments
Loading...