Kerajinan Batik Wirasat Di Solo

0 154

Kerajinan Batik Wirasat Di Solo

Kampung Batik Laweyan merupakan salah satu sentra batik yang ada di kota Solo. Laweyan merupakan salah satu kampung tua di kota Solo, drug yang kini juga menjadi nama kelurahan dan Kecamatan di kota Solo. Kampung ini sudah ada sejak abad ke-14 pada jaman kerajaan Pajang. Laweyan berasal dari kata Lawe yang berarti benang dari kapas yang dipintal, purchase karena pada jaman itu tempat tersebut merupakan sentra pembuatan kain. Hingga saat ini Laweyan terkenal menjadi sentra batik dan kain terutama di kota Solo dengan salah satu perajinnya Bu Sulastri.

Memasuki kampung Laweyan seakan memasuki kota lama dengan pemandangan arsitektur lama yang masih kokoh berdiri. Banyak rumah-rumah di Laweyan yang dibangun dengan sentuhan arsitektur Eropa yang megah dan kokoh. Rumah-rumah tersebut merupakan kediaman para saudagar batik pada jaman dahulu. Kekayaan mereka bahkan melampaui para bangsawan, sehingga tidak heran mereka bisa membangun istana mereka sendiri.

Batik Wirasat

Ada 4 unsur motif yang berbeda yang terdapat di dalam bingkai geometrisnya yang berbentuk semi belah ketupat dengan hiasan ukel di setiap empat sudutnya. Di dalam belah ketupat tersebut ada motif truntum, unsur motif sidomukti, unsur motif kawung, dan unsur cecekan.  Jadi di dalam satu motif batik Wirasat terdapat 4 motif yang tergabung menjadi satu. Sehingga selain memiliki motif yang geometris, di dalam motifnya masih terdapat motif, istimewa. Beralih ke warnanya, pengaruh sogan solo begitu kental di dalam motif batik ini, meskipun begitu, ada warna bledak di salah satu unsurnya.

Warna sogan yang cerah namun tetap sejuk untuk dilihat menjadikan batik ini seperti sebuah batik klasik yang lengkap. Sesuai namanya, wirasat berarti lambang atau simbol. Dan juga sebuah pengharapan sesuai motif di dalamnya, gabungan dari motif itu mengharapkan agar keluargaa dapat hidup dengan rukun dan adil

Source https://infobatik.id/batik-solo-wirasat-ada-4-unsur-motif-yang-beda/ https://infobatik.id/batik-solo-wirasat-ada-4-unsur-motif-yang-beda/
Comments
Loading...