Kerajinan Batok Karya Sentir Sumunar Di Sukoharjo

0 261

Kerajinan Batok Karya Sentir Sumunar Di Sukoharjo

Cantik dan unik. Produk yang dibuat oleh pengrajin di Sukoharjo di Jawa Tengah ini menjadi salah satu buruan oleh-oleh para wisatawan yang datang. Dikenal dengan nama Sentir Sumunar, produk ini merupakan kreasi dari limbah batok kelapa. Sentir adalah lampu minyak tanah yang dipakai oleh orang-orang jaman dulu. Sesuai namanya, produk ini adalah lampu hias tanpa menggunakan minyak.

Limbah batok kelapa harus diampelas hingga halus dan mengkilat. Gambar pola yang diinginkan lalu dipotong mengikuti pola yang dibuat. Cetakan pola disusun lalu dilem sesuai bentuk yang diinginkan. Terakhir, pasang lampunya.

Sarwidianto, perajin lampu batok kelapa, “Untuk ide awalnya itu, dulu saya melihat orang-orang menggunakan batok kelapa hanya untuk kayu bakar, buat arang. Kalau untuk nilai ekonomis kan cuma sedikit, terus saya mencoba untuk membuat. Ibaratnya kerajinan yang mempunyai nilai jual yang lebih.”

Lampu hias berbahan dasar batok kelapa ini, bisa dibentuk sesuai keinginan konsumen. Harga jualnya pun bervariasi, dari 100 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Makin rumit desainnya, tentu makin mahal harganya.

Source https://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com https://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/02/sarwidianto-pendiri-usaha-sentir.html
Comments
Loading...