Kerajinan Batok Karya Warga Rutan Di Sampit

0 133

Kerajinan Batok Karya Warga Rutan Di Sampit

Meski menjalani masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Sampit, tidak menutup diri Nara Pidana (Napi) untuk menggeluti kesenian mengisi hari demi hari melewati masa tahanan. Seperti yang dilakukan oleh beberapa Napi, Anang Pahmi bersama tujuh rekannya, meskipun berada di balik jeruji besi, mereka mampu berkreasi dengan mengolah kerajinan tangan, dengan bahan-bahan bambu dan batok kelapa yang mempu menghasilkan kesenian yang bernilai tinggi.

Anang Pahmi dan tujuh rekannya mengikis dan memotong sedikit demi sedikit bambu yang akan dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kesenian, batok kelapa yang juga digunakan sebagai bahan untuk mengolah kesenian yang bernilai tinggi oleh tangan-tangan pengrajin. Sudah setahun enam bulan menjadi warga Lapas Klas II B Sampit, meski di masa lalu sempat terkait dengan kasus sehingga kini ia menjadi warga binaan Lapas Klas II B Sampit dan juga memperbaiki diri.“Diam di dalam blok itu rasanya jenuh, sehingga dengan aktivitas seperti ini saya senang sekali,” ucap Anang.

Pria yang juga orang dianggap tetua di dalam kelompok binaan, sehingga Anang diberi kepercayaan untuk mengarahkan rekan kerjanya, motivasinya untuk lebih giat tidak lain untuk keluarganya yang berada di Seruyan yang saat ini ia rindukan. “Untuk saat ini saya biasa giat untuk bekerja untuk anak-anak saya dan cucu saya,” ucap Anang dengan mata yang berkaca-kaca.

Sembari membuat kerajinan berupa perahu naga dan beberapa kesenian seperti miniatur yang terbuat dari batok kelapa, asbak rokok dengan Ikon Ikan Jelawat hingga beberapa lain kerajinan yang sudah mereka hasilkan. Bahkan ia juga bercerita jika nanti bebas dan berencana untuk membuat usaha kerajinan seperti yang ia buat dengan teman-temannya di Lapas, dan juga menjadikan contoh untuk warga binaan lainnya.“Kemungkinan jika bebas nanti ingin membuat usaha seperti ini, karena barang seperti ini walaipun tidak laku masih namun masih bisa kita mengharapkannya,” pungkas Anang.

Source http://kalteng.prokal.co http://kalteng.prokal.co/read/news/45950-kreatif-olah-bambu-dan-batok-kelapa-jadi-kerajinan-bernilai-tinggi.html
Comments
Loading...