Kerajinan Batok Kelapa Di Pangandaran

0 317

Kerajinan Batok Kelapa

Kelompok Saung Kelapa Kampung Sucen Desa Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran terus melakukan produksi buah kelapa menjadi berbagai bentuk kerajinan yang bernilai ekonomi.

Asep Ali Imron, Ketua kelompok Saung Kelapa, mengatakan, dirinya saat ini tengah fokus melakukan pemberdayaan anggota dan masyarakat mengingat bahan baku kelapa di Pangandaran sangat melimpah sebagaimana lambing kelapa pada logo Kabupaten Pangandaran.

“Batok kelapa sangat bermanfaat sekali dan itu bukan hanya pada buahnya saja, semuanya mulai dari pohon, akar, daun hingga serabut kelapa memiliki manfaat. Dengan konsep pemanfaatan semua dari kelapa, kita yakin penyerapan tenaga kerja bisa dilakukan demi menekan angka urbanisasi,” ujarnya.

Tempurung atau batok kelapa diolah menjadi bahan kerajinan. Salah satu bentuk inovasi sudah kita hasilkan contohnya seperti lampu kamar, gantungan kunci, asbak, satu set alat rumah tangga seperti gelas dan cerek, hingga bahan pelapis lantai pluring dinding juga fashion seperti tas selempang wanita dan lain-lain. Pada intinya, kalau kita manfaatkan sebaik mungkin pasti menguntungkan.

Source Kerajinan Batok Kelapa Di Pangandaran Kerajinan Batok Kelapa Di Pangandaran
Comments
Loading...