Kerajinan Batok Kelapa Di Tampaksiring

0 279

Kerajinan Batok Kelapa Di Tampaksiring

Inilah batok kelapa tua. Ditangan warga desa Tampaksiring, Gianyar, Bali, batok kelapa menjadi karya seni yang cantik dan menarik. Dikerjakan teliti dengan tangan, tiap gambar memiliki makna, seperti barong dan ramayana.

Bisa dijadikan tempat lilin dan lampu hias yang cantik, ukiran batok kelapa jadi seni turun temurun warga desa Tampaksiring.

Rane Wayan, pengrajin Batok Kelapa, “Ya sudah turun temurun ini. Kebanyaan bisa, khusus wong genake di Tampaksiring, Gunung Kawi kebanyak bisa mengukir batok kelapa. Yang ada di luar itu, karena dari sini ngirimnya.”

Begini prosesnya:
Kulit kelapa dikelupas dan dibuang kulitnya. Sebelum diukir, serabut kelapa diamplas dengan mesin. Setelah bebas dari serabut, baru dibuat pola. Meski hasilnya berbeda tak hanya dengan tangan, kinerja pengukiran batok kelapa juga bisa dengan mesin.

Di nilai dari tingkat kesulian dalam hal pembuatan, batok kelapa dijual dengan harga Rp. 30 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/02/rane-wayan-pengrajin-batok-kelapa-asal.html
Comments
Loading...