Kerajinan Batu Akik Di Biak

0 199

Kerajinan Batu Akik Di Biak

Pendapatan para pengrajin batu akik di Kabupaten Biak Numfor, Papua dalam sebulan terakhir mengalami peningkatan hingga dua kali lipat mencapai berkisar Rp4-5 juta per bulan.

Suryadi, pengelola pengrajin batu akik di Biak, mengatakan permintaan batu akik saat ini masih tinggi sehingga pengrajin setiap waktu kebanjiran pesanan pembuatan cincin batu akik.

“Peningkatan permintaan batu akik dari berbagai daerah setiap hari tetap ada jumlahnya mencapai lima hingga enam unit perhari,” ucapnya. Harga jual batu akik sangat bervariasi tergantung dengan jenis motif dan asal daerah batu akik.

Untuk batu akik nusantara dar Bacan, lanjutnya, harga jualnya masih tinggi mencapai jutaan rupiah, sementara untuk batu akik lokal Biak dijual berkisar Rp500 ribuan/buah sedangkan cincin pengikat batu akik dijual Rp75.000 hingga Rp100.000/cincin.

Sedangkan sentra pembuatan batu akik di Biak sekitarnya makin marak di sejumlah tempat dengan memasang lapak di sejumlah tempat Biak.

Berdasarkan pantauan sentra pembuatan batu akik di Biak terdapat di Kampung Baru, Jalan Imam Bonjol. Jalan Sisingamangaraja, Jalan Dolog, Jalan Ahmad Yani setiap hari dipenuhi para pengemar batu akik dar berbagai tempat kota Biak.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Ir Eddy Rachmat mengakui, bermunculan sentra pengrajin batu akik di Biak diharapkan memberikan pendapatan bagi pelaku usaha kecil di Biak.

Saat ini pasar batu akik sangat bergairah di Biak untuk mendatangkan uang bagi masyarakat lokal, ungkap Sekretaris Diskop Eddy Rachmat.

Hingga Minggu sore, akivitas sentra jul beli batu akik di Biak tampak normal berlangsung di sejumlah lokasi. Berbagai jenis batu akik juga ditawarkan penjual dari Bacan, Sikplop Jayapura, Biak, serta berbagai ragam batu nusantara juga dijual.

Source http://sp.beritasatu.com http://sp.beritasatu.com/nasional/pendapatan-pengrajin-batu-akik-biak-meningkat/87856
Comments
Loading...