Kerajinan Batu Akik Di Muratara

0 336

Kerajinan Batu Akik Di Muratara

Meski kepopuleran batu akik sudah meredup, namun tidak menyurutkan antusias masyarakat di wilayah Kabupaten Muratara untuk berekreasi. Masyarakat berharap, Pemerintah Daerah kembali mendukung potensi kerajinan batu akik sehingga dapat menjadi ikon di wilayah Muratara.

Hendar, warga Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara, menuturkan, saat ini penggiat kerajinan batu akik masih banyak didapati di sejumlah wilayah Kabupaten Muratara. Kendati tidak sepopuler dulu, namun antusias kerajinan dari batuan alam ini masih cukup berkembang di masyarakat.

“Kita sayangkan, saat ini dorongan dari pemerintah untuk memunculkan lagi potensi daerah turun drastis. Padahal, sumber daya alam kita melimpah, apa lagi bahan-bahan batuan alam kita banyak,” katanya.

Dia mengatakan, saat batu akik tengah booming, hampir seluruh wilayah di Kabupaten Muratara bisa mendapatkan dampak positif. Baik sektor lapangan kerja, serapan ekonomi, maupun tingkat keamanan semua meningkat. Bahkan, ada upaya pemerintah daerah saat itu untuk membuat peraturan daerah (Perda) khusus mengenai batu akik.

Source http://sumeks.co.id http://sumeks.co.id/pengrajin-batu-akik-masih-aktif-di-muratara/
Comments
Loading...