Kerajinan Batu Bata Di Banyuwangi

0 172

Kerajinan Batu Bata Di Banyuwangi

Susahnya untuk memperoleh bahan dasar pembuatan batu bata, membuat produksi pengrajin batu bata di Dusun Bades, Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi menurun.

Hal tersebut disampaikan oleh Heriyanto yang merupakan pengrajin batu bata di wilayah setempat. Menurutnya bahan dasar batu bata semakin susah, lantaran tidak banyak orang yang menjual tanah liat di kebun-kebun yang biasa menjualnya.

“Sekarang pengrajin harus mendatangkan tanah gunung untuk membuat batu bata tersebut,” ujarnya.

Heri menambahkah, dulunya harga per damp truk tanah liat kisaran Rp. 200 ribu. Namun, sekarang mengalami kenaikan sampai Rp. 250 ribu hingga Rp. 260 ribu. “Itu pun kita harus memisahkan terlebih dahulu, batu gunung yang tercampur pada tanah tersebut,” imbuhnya.

Jika dibandingkan dengan harga jual perseribu  batu bata merah yakni Rp.400 ribu, hal ini membuat laba yang diterima pengrajin semakin menipis. “Sebenarnya ya nipis sekali, tapi kita mau kerja apa lagi, dari pada nganggur.” ucap Heri.

Source http://www.kabarpas.com http://www.kabarpas.com/2016/08/08/keluh-kesah-pengrajin-batu-bata-banyuwangi-saat-ekonomi-lesu/
Comments
Loading...