Kerajinan Batu Bata Di Gowa

0 377

Kerajinan Batu Bata Di Gowa

Kabupaten Gowa merupakan daerah penghasil batu bata terbesar di Sulawesi Selatan (Sulsel). Secara historis masyarakat Gowa telah mengenal cara pembuatan batu bata pada abad XV, ketika Kerajaan Gowa dipimpin Raja Gowa ke 9 Karaeng Tumapparisika Kallonna. Ketika itu batu bata dibuat untuk dijadikan bahan baku pembuatan benteng-benteng kerajaan.

Nandar adalah salah seorang pengrajin Batu Bata. Ketika Gowa berdiri sebagai kabupaten dan menjadi daerah penyangga utama kota Makassar, aktifitas produksi ini terus dipertahankan warga bahkan satu dekade terakhir terus meningkat. Peningkatan ini terjadi karena usaha pembuatan batu bata semakin masiv dilaksanakan warga. Jika sebelumnya sistem pembuatan bata hanya dikenal dengan punggawa dan pekerja, satu dekade terakhir lebih besar warga yang membuat batu bata sendiri tanpa punggawa.

Kegiatan produksipun tidak sebatas dilakukan di dalam bantilang tetapi memanfaatkan kolom rumah sebagai tempat produksi. Bahan baku yang sebelumnya hanya menggunakan tanah dari persawahan tadah hujan, tegalan, dan pekarangan kini sebagian besar diperoleh dari tanah hasil tambang golongan. Dengan demikian warga tidak perlu menyewa atau membeli persawahan untuk membuat batu bata.
Proses penjualan pun telah bergeser, jika sebelumnya pengrajni atau punggawa hanya menjual batu merah yang telah di bakar, kini pengrajin dapat menjual batu produksnya dalam keadaan setengah jadi, atau sebelum dibakar. Tentu saja penjualan ini dengan harga lebih murah dari batu merah.

Sesungguhnya menarik mengkaji perubahan metode produksi batu-bata di Gowa dari proses persiapan hingga penjualan. Kecamatan di selatan Sungguminasa, ibukota kabupaten Gowa seperti Bajeng, Bontonompo, dan Bontonompo Selatan merupakan sentra pengrajin batu bata. Dimana hasil prosduksi dipasarkan di beberapa daerah sekitar khususnya Makassar, Maros, Takalar, Jeneponto, hingga Pangkep, Barru, Bone, dan Bulukumba. 
Source http://thegowacenter.blogspot.com http://thegowacenter.blogspot.com/2015/05/gowa-penghasil-batu-bata-terbesar-di.html
Comments
Loading...