Kerajinan Batu Bongpai Di Salatiga

0 109

Kerajinan Batu Bongpai Di Salatiga

Bongpai merupakan istilah yang di gunakan untuk menyebut batu nisan yang biasa digunakan warga keturunan Tionghoa untuk mempercantik makam para leluhur mereka. Bagi warga Tionghoa, bongpai yang berada di makam seseorang yang sudah meninggal merupakan cerminan perjalanan hidup dan simbol kehidupan yang dijalani oleh orang tersebut semasa hidupnya.

Maka tidaklah mengherankan, jika seorang semasa hidupnya terkenal sebagai orang dengan status ekonomi yang tinggi, maka akan dipasang bongpai yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah oleh keluarga yang masih hidup. Bongpai adalah bagian tengah nisan. Berupa ukiran nama cina pada lembaran batu. Ditulis dengan huruf cina bertinta kuning emas. Biasanya berisi nama jenazah dan keterangan pendukungnya.

Yan adalah ukiran batu yang diletakkan di kanan kiri bongpai. Berisi nama marga atau asal usul dan penjelasan lain. Kemudian ada gambar di kanan kiri yan tadi berupa ukiran di atas batu. Kemudian bagian paling luar dari bangunan pemakaman tersebut dinamakan yan tui. Pengecatan juga dilakukan untuk memperjelas tulisan cina dan juga ukir-ukiran di atas batu dengan menggunakan cat khusus dan berharga mahal dinamakan kimpo.

Bongpai memiliki beberapa jenis seperti batu nisan, patung, papan nama jenazah, dan aksesories lain sebagaimana dibutuhkan dalam sebuah pemakaman dan nisan yang digunakan oleh warga tionghoa. Pemakamkan Tionghoa khas dan agak berbeda dengan pemakaman warga pribumi. Semakin tinggi strata sosial yang dimakamkan, maka pengerjaan bongpai juga semakin rumit dan kelengkapannya semakin banyak.
Salah satu produk kerajinan Salatiga yang ternama dan berbahan dasar batu alam keras adalah kerajinan batu bongpai itu sendiri. Batu sebagai bahan dasar bongpai didatangkan dari berbagai wilayah di Jawa Tengah dan luar Jawa tengah. Asal batu membedakan jenis dan kualitas batu dimana hal ini berdampak pada nilai jual dari kerajinan batu bongpai itu sendiri, selain motif, tingkat kerumitan dan ukuran.
Source https://www.rumahkreative.id https://www.rumahkreative.id/2017/08/kerajinan-batu-bongpai-sebagai-simbol.html
Comments
Loading...