Kerajinan Batu Di Lampung Timur

0 172

Kerajinan Batu Di Lampung Timur

Menjadi Pengrajin Batu, ternyata mampu menjadi salah satu mata pencaharian yang cukup menjanjikan, bahkan mampu menuai kesuksesan, bagi sebagian warga kelurahan Jojog dan Tulusrejo, kecamatan Pekalongan, Lampung Timur.

Beberapa produk unggulan hasil kreativitas para pengrajin batu, di kecamatan Pekalongan ini antara lain adalah Lumpang, Cobek/Ulekan Sambal, Penumbuk Padi, Batu Nisan, serta berbagai ragam Hiasan Taman, seperti Kolam Air Mancur.

Selain model yang bervariasi, harga jual produk dari batu yang pangsa pasarnya sudah sampai ke luar Propinsi Lampung ini, juga bermacam-macam, yaitu dari Rp 25 ribu rupiah, hingga jutaan rupiah, tentunya sangat tergantung dari ukuran dan model produknya.

“Kalo yang beli, bukan Cuma dari Lampung Timur saja, tapi banyak juga dari luar Lampung, biasanya selain Perorangan, ada juga dari Kantor-Kantor Pemerintah, Hotel, atau Tempat-Tempat Wisata”, jelas Gunawan, salah seorang Pengrajin Batu di Pekalongan.

Sementara, beberapa persoalan yang menjadi kendala pengembangan usaha kerajinan batu ini, antara lain adalah, sulitnya memperoleh Batu berkualitas baik, sebagai bahan baku utama, yang sementara ini di pasok dari Desa Gunung Tiga, Kecamatan Batanghari Nuban, Lampung Timur.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada Pemerintah Lampung Timur, dapat memfasilitasi, serta membantu dari segi jaringan pemasaran, pembinaan serta permodalan, sehingga perkembangan usaha kerajinan batu ini, bisa lebih cepat berkembang

Source http://www.lampung1.com http://www.lampung1.com/2016/08/ini-dia-hasil-kreativitas-pengrajin-batu-di-lampung-timur/
Comments
Loading...