Kerajinan Batu Fosil Di Banten

0 240

Kerajinan Batu Fosil Di Banten

Batu fosil kerajinan Banten telah mendunia karena permintaan pasar relatif tinggi. Selama ini, permintaan fosil untuk pasar mancanegara meningkat karena memiliki nilai seni tersendiri. Kelebihan batu fosil Banten yaitu berasal dari aneka jenis pohon yang usianya berabad-abad tahun hingga menjadi bebatuan.

Perajin batu fosil di Banten, Setu mengatakan menjual ke luar negeri melalui agen perusahaan eksportir di Jakarta. Ada juga warga asing langsung membeli dengan mendatangi lokasi kerajinan di Serang, Banten. Ada juga beberapa kolektor dari negara tertentu, seperti Amerika Serikat, Belanda, Jerman, dan Jepang yang memesan dengan pengiriman paket.

Ia mengatakan, telah membina perajin batu fosil yang tersebar di Lebak, Pandeglang, Serang dan Tangerang. Saat ini, jumlah pengusaha batu fosil tercatat 60 orang. Mereka pun terus meningkatkan produksi karena permintaan pasar dunia meningkat.

Namun, para pengusaha memasok batu fosil tidak dalam bahan baku karena adanya larangan dari pemerintah. Mereka memasok batu fosil itu berbentuk meubeler. Seperti kursi, meja dan peralatan rumah tangga. Pemda pun terus mendorong perajin batu fosil agar berkembang dan bertahan. Juga agar dapat meningkatkan produksi karena bisa menyerap tenaga kerja lokal.

Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Herisnen mengatakan, saat ini tercatat ada 16 unit usaha dan nilai investasi sekitar Rp 15 miliar dengan produksi 4.125 ton per tahun.

Source Kerajinan Batu Fosil Di Banten Kerajinan Batu Fosil Di Banten
Comments
Loading...