Kerajinan Batu Granit Di Karimun

0 230

Kerajinan Batu Granit Di Karimun

Batu granit yang selama ini hanya dimanfaatkan sebagai salah satu material bahan bangunan, ternyata juga bisa dijadikan sebagai cinderamata. Untuk menjadikan batu granit menjadi benda yang bernilai seni tinggi tentu tidak mudah, karena membutuhkan keterampilan dari tangan-tangan yang ahli di bidangnya.

Yan Indra di Karimun mengatakan, pihaknya sengaja mengadakan pelatihan memanfaatkan batu granit untuk kerajinan tangan. “Jika sudah mahir dalam memanfaatkan batu granit menjadi kerajinan tangan, maka para pemuda itu bisa membuka bengkel kerajinan di sekitar tempat tinggal mereka,” ujar Yan Indra.

Apalagi, katanya, pengolahan batu granit menjadi benda seni tersebut tidak akan sampai merusak lingkungan, karena bahan yang akan digunakan tidaklah terlalu banyak.

“Yang jelas, mengolah batu granit menjadi benda bernilai seni seperti kerajinan rumah tangga tetap akan menjaga keutuhan ekosistem di Karimun,” jelasnya.

Bukan hanya batu granit, tambah Yan Indra, sebelumnya Kanpora Karimun juga telah membekali generasi muda dengan membuat kerajinan batik. Sekarang di Karimun sudah ada perajin batik yang berasal dari kerajinan tangan generasi muda Karimun. Motif batiknya disesuaikan dengan kultur dan budaya Karimun.

Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq saat membuka kegiatan itu meminta kepada Kanpora Karimun agar tetap melanjutkan kegiatan serupa kepada generasi lainnya.

“Masih banyak potensi yang ada di Kabupaten Karimun lainnya yang bisa dijadikan kerajinan dan menghasilkan nilai tambah bagi generasi muda. Mudah-mudahan ke depannya Kanpora tetap melanjutkan program seperti ini,” kata Rafiq.

Adi, salah seorang peserta mengaku senang mendapat pelatihan mengolah batu granit menjadi kerajinan tangan tersebut, karena di sekitar tempat tinggalnya memang banyak ditemui batu granit. “Setelah mendapat ilmu dari pelatihan ini, maka saya akan mencoba membuka usaha membuat kerajinan tangan dari batu granit ini,” kata Adi.

Source http://www.haluankepri.com http://www.haluankepri.com/karimun/20302-batu-granit-diolah-jadi-barang-kerajinan-.html
Comments
Loading...