Kerajinan Batu Makam Di Tulungagung

0 186

Kerajinan Batu Makam Di Tulungagung

Kompleks Pemakaman Astana Giribangu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menjadi pusat perhatian karena tempat almarhum mantan Presiden Soeharto dikebumikan. Lokasi itu juga terkenal karena keindahan desain bangunannya. Mulai dari ukiran jati hingga marmer pada batu makam. Kijing atau batu nisan di Astana Giribangun adalah hasil karya Munari, warga Desa Gamping, Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur.

Seperti perajin marmer yang lain, Munari selalu tekun menyelesaikan pesanan marmer. Pria berusia 68 tahun ini terampil menghasilkan kijing. Sebuah kijing diselesaikan Munari dalam waktu 1,5 bulan. Munari juga ditugasi membuat lantai Astana Giribangun yang diselesaikan dalam waktu tiga bulan. Sebagai pengabdi yang setia, Munari enggan menjelaskan upah yang diterima dari keluarga almarhum Pak Harto untuk hasil kerajinannya.

Munari tidak sempat menghadiri pemakaman Pak Harto pada 28 Januari silam. Namun, ia tetap merasa bangga karena dipercaya keluarga mendiang Pak Harto untuk membuat kijing makam keluarga almarhum Ibu Tien Soeharto dan Pak Harto

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/news/read/154253/munari-perajin-batu-makam-pak-harto
Comments
Loading...