Kerajinan Batu Nisan Di Binjai

0 186

Kerajinan Batu Nisan Di Binjai

Menjelang masuknya Bulan Ramadhan 1433 Hijriah, para pengrajin batu nisan di Kota Binjai, Sumatera Utara, mulai kebanjiran order perbaikan batu nisan di sejumlah tempat pemakaman umum. “Pesanan batu nisan meningkat,” kata salah seorang pengrajin batu nisan, Irawan di Binjai.

Irawan yang membuka usahanya di Jalan Tengku Amir Hamzah Binjai, mulai kebanjiran order pesanan. Pesanan batu nisan ini, karena sebentar lagi Bulan Ramadhan akan tiba, dan biasanya kaum muslim akan melakukan ziarah ke makam leluhur, orang tua ataupun keluarga mereka, katanya.

Disaat itulah biasanya warga memperbaiki makam, termasuk membuatkan batu nisan. Jika dihari biasanya pengrajin hanya mendapat omzet jutaan rupiah disetiap bulannya, kini menjelang Ramadhan dirinya bisa meraih omzet hingga puluhanjuta rupiah, kata Irawan.

Para pemesan umumnya datang dari kota Binjai, namun tidak sedikit pemesan nisan ini datang dari Stabat,

Tanjungpura bahkan dari Aeeh. Dirinya yang biasanya hanya bekerja bersama seorang temannya, kini harus menambah pekerja lagi, untuk bisa memenuhi harapan pelanggannya.

Ada dua rekan lagi yang membantunya bekerja untuk menyelesaikan pesanan agar tepat waktu. Dijelaskan Irawan juga bahwa harga nisan yang dijualnya, mulai dari Rp. 500.000, untuk batu nisan biasa.

Sedangkan batu nisan yang dari marmer dijualnya seharga Rp10 juta, katanya. Tidak hanya membuat pesanan, dirinya juga menyediakan jasa langsung pasang ditempat, untuk warga yang memesan batu nisan.

Source https://www.republika.co.id https://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/07/08/m6u3h5-jelang-ramadhan-pengrajin-batu-nisan-kebanjiran-order
Comments
Loading...