Kerajinan Batu Sabun Di Sukabumi

0 368

Sentra Kerajinan Batu sabun

Kota Sukabumi Jawa Barat memang sejak dulu dikenal sebagai daerah penghasil batu akik atau batu permata. Terdapat puluhan pengrajin perhiasan batu aji di sana. Salah satu desa yang pusat pengrajin adalah Desa Datarnangka, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Desa ini jaraknya 65 kilometer dari Kota Sukabumi. Ada sekitar 300 kepala keluarga yang menekuni kerajinan batu akik di sini. Desa lainnya adalah Desa Garduh. Di dua desa ini usaha kecil menengah di bidang batu akik sudah memperlihatkan hasilnya. Kini  menjalar ke kampung-kampung lainnya dan warga banyak yang beralih mata pencahariannya menjadi pengrajin batu hiasan.

Salah satu batu akik yang terkenal di sini adalah Batu Sabun yang ditemukan di daerah Sagaranten. Batu Sabun adalah batuan metamorf, salah satu batu tambang yang sering ditemukan di pertambangan-pertambangan nikel dan emas atau di pegunungan. Negara yang memiliki batu sabun adalah Mexico, Brazil, India dan Indonesia. Kualitas terbaik untuk batu ini dari Mexico dan Indonesia.

Jenis batu ini asli dari bumi Sukabumi ini lalu dibentuk menjadi perhiasan seperti batu cincin, liontin dan yang lainnya. Pengrajin Sukabumi umumnya membentuk batu ini menjadi patung kecil berbentuk manusia atau binatang. Bila tengah melakukan perjalanan ke Sukabumi, ada baiknya mampir di desa tersebut, sehingga bisa melihat langsung sentra pembuatan batu perhiasan dan sekaligus membeli dengan harga spesial.

Source Kerajinan Batu Sabun Di Sukabumi Kerajinan Batu Sabun Di Sukabumi
Comments
Loading...