Kerajinan Batu Sungkai Di Merangin

0 210

Kerajinan Batu Sungkai Di Merangin

Kabupaten Merangin terus mengembangkan potensi alamnya, termasuk batu sungkai. Batu sungkai merupakan batu fosil yang terbentuk karena proses alam, dan saat ini disebut-sebut hanya ada di Kabupaten Merangin.

Kusnandar salah seorang perajin mengatakan batu yang mengalami proses ratusan tahun ini di tangan pengrajin Merangin, dapat diolah menjadi berbagai bentuk, salah satunya menjadi perhiasan berharga tinggi. Batu sungkai ini dapat dibentuk menjadi berbabai aksesoris, seperti liontin, batu cincin, dan gelang.

“Saya sangat menyukai batu sungai ini. Saya selalu mengenakannya, baik di acara perkawinan, maupun di acara resmi,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Merangin, Hesnidar Haris.

“Bentuknya sangat indah, dan tidak norak. Saya bangga mengenakannya,” lanjut istri Bupati Merangin, Al Haris, ini.

Lebih lanjut Hesnidar mengatakan, saat ini kerajinan batu sungai menjadi salah satu cinderamata khas Merangin, dan dapat ditemui di Galeri Kerajinan Merangin yang baru saja diresmikan. “Nanti akan kita kembangkan lebih luas lagi. (Kerajinan sungkai, red) ini berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuntasnya.

Source http://metrojambi.com http://metrojambi.com/read/2015/10/30/4891/hesnidar-haris-kerajinan-sungkai-kini-jadi-cinderamata-khas-merangin-
Comments
Loading...