Kerajinan Batuan Agate Bergambar Di Yogyakarta

0 232

Kerajinan Batuan Agate Bergambar Di Yogyakarta

Batu Agate, mungkin terdengar asing di sebagian telinga masyarakat Indonesia. Batu bergambar ini melalui proses pengolahan, dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Ronald Kayana, pemilik Kayana Jewelry, di Perum Tatabumi Permai, No. E/4, Yogyakarta, Banyuraden, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan bisnis batu agate memang cukup menjanjikan. Soalnya, batu ini unik dan hanya ada di Indonesia. Ia bisa mendapatkan batu agate dengan gambar ayam jago, naga api, merak, matahari, bunga tulip hingga gambar bunga kantong semar.

Batu agate punya keunggulan berupa keindahan seni ketimbang batu mulia yang lainnya, seperti opal, giok, rubi, safir, amatis, dan berlian. Dari mengolah batu-batu tersebut menjadi mata liontin, cincin, bros, dan gelang, Sam, panggilan Samsianata, bisa menghasilkan omzet hingga Rp 145 juta per bulan.

Ada dua jenis batu agate. Pertama, batu agate grade A yang memiliki gambar di dalam batu. Batu jenis ini mempunyai gambar yang tidak tergores, tidak retak, dan tidak buram. Bias kristal di batu ini sangat langka.

Kedua, batu agate grade B yang memiliki gambar di permukaan batu. Harga batu jenis ini di pasaran berkisar antara Rp 1 juta sampai Rp 25 juta. Harganya lebih murah karena gambar di luar lebih mudah rusak dan diubah.

Menurut Ronald, batu agate memiliki lukisan alami bernilai seni tinggi dengan corak warna yang indah dan eksotis. Keindahannya pun mudah dilihat kasat mata tanpa alat bantu yang rumit. Selama ini, Ronald menjual batu agate mulai dari harga Rp 700.000 sampai yang paling mahal Rp 10 juta. Ia bisa melego antara 20 hingga 30 batu agate per bulan. Sayang, ia enggan mengungkap omzet pastinya sebulan.

Source Kerajinan Batuan Agate Bergambar Di Yogyakarta Kerajinan Batuan Agate Bergambar Di Yogyakarta
Comments
Loading...