Kerajinan Bebek Di Klaten

0 484

Kerajinan Bebek Di Klaten

Kerajinan bebek asal Desa Jambu Kulon, Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, telah mampu menembus pasar negara-negara di Eropa, Australia, hingga Amerika Serikat (AS). Menjelang Natal dan Tahun Baru, pesanan pasar luar negeri  meningkat tajam.

Salah seorang perajin, Eni Purwanti, mengatakan menjelang Natal sekarang ini produk kerajinan yang digemari adalah produk yang memiliki nuansa Natal. “Antara lain diberi aksesoris topi, sepatu boot, atau ski,” ujar Eni.

Bulan ini, lanjut Eni, buyer Belgia meminta kiriman 1.500 buah. Para pemesan tersebut datang sendiri ke Klaten dan memilih produk yang sesuai dengan tren. “Tidak hanya dari Belgia, pembeli juga berasal dari Australia, Belanda dan Amerika Serikat,” papar Eni.

Karena kapasitas produksi yang tidak besar, lanjut Eni, konsumen lokal pun tak terlayani. Semua pesanan dari pelanggan luar negeri. Eni menuturkan, setelah menyelesaikan pesanan 1.500 buah untuk Belgia, saat ini sudah ada pesanan 1.000 buah lagi dari luar negeri untuk dikirim bulan Desember.

Perajin lainnya, Supriyanto, bahan baku dari bambu untuk membuat bebek harus mendatangkan dari Gemolong Sragen. Harganya pun sekarang meningkat mencapai Rp 4.500 per buah. Padahal harga awal hanya Rp 300 per buah. Kerajinan bebek ini dijual antara Rp 35.000 per buah untuk ukuran kecil, Rp 80.000 per buah untuk ukuran sedang dan Rp 100.000 per buah untuk besar. Produk berkualitas ekspor ini mampu menghasilkan omzet mencapai Rp 50 juta per bulan.”Saya membuat bebek ini biaya produksinya mencapai 50% dari harga jual barangnya,” ujar Supriyadi

Source https://infonawacita.com https://infonawacita.com/kerajinan-bebek-klaten-tembus-eropa-as/
Comments
Loading...