Kerajinan Bedog Manur Di Kota Banjar

0 347

Kerajinan Bedog Manur Di Kota Banjar

Desa Cibeureum Kecamatan Banjar Kota Banjar memiliki potensi kerajinan lokal yang bisa menjadi produk unggulan yaitu Bedog Manur (manuk Janur) yang merupakan kerajinan asli desa tersebut.

Bedog Manur memiliki Ciri Khas dan keunikan dari bedog lainya, Ciri khas Bedog Manur ada di gagangnya, kepala gagang nya berbentuk manuk janur, yang terbuat dari tanduk kerbau dan menjadi nilai artistik tersendiri juga memunculkan sebuah karya seni.

Radianto yang biasa di panggil Obet adalah pengrajin Bedog manur warga asli desa cibeureum. Ia menekuni bidang tersebut baru beberapa bulan kebelakang, namun Ia sangat trampil dan lihai saat mengolah besi baja menjadi bedog manur dan perkakas rumah tangga lainya.

Lokasi pembuatan Bedog Manur sendiri berlokasi di Rt 11 Rw 03 dusun pasir negara desa cibeureum,dia bekerja mulai dari jam 7 sampai sore, dan dibantu oleh 2 orang rekanya.

Menurut Obet (Sapaan Khas Radianto) untuk membuat bedog diperlukan waktu 1,5 hari dalam proses penyepuhan atau pembuatan mata bedog nya, sedangkan untuk menyelesaikan bedog utuh, ia tidak bisa memastikan, karena kelangkaan bahan.

Untuk mendapatkan bahan pembuatan gagang dan serangka atau wadah bedog sendiri Obet mendapatkan dari daerah luar.

“Untuk mendapatkan bahan nya sediri saya dapatkan dari luar karna bahan gagang bedog manur khusus dari tanduk kerbau dan itu hanya bisa di dapat dari daerah toraja sementara sarangka (sarung golok) pake kayu dari cijulang,” jelas nya

Dalam sebulan obet bisa membuat 25-30 buah bedog yang ia jual dalam kisaran 350 rb sampai dengan 700 ribu.

Obet mejual Bedog yang ia buat masih di lokal kota banjar, dan sementara yang dari luar kota kalau ada yang memesan saja, dan pernah juga ia membuat bedog pesanan dari Walikota Banjar dan Ketua DPRD Kota Banjar.

Kepala Desa Cibereum Yayan Sukirlan usai kegiatan saba desa mengatakan, bedog manur merupakan produk asli desa Cebereum, hasil kreatifitas dari masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian lebih.

“Sudah Sepatutnya kami selaku perangkat desa harus merangkul mereka, Pengrajin senjata untuk alat-alat rumah tangga, harus mendapatkan perhatian lebih, Ia berharap, bedog manur akan menjadi produk unggulan hasil kerajinan masyarakat dari Desa Cibeureum dan lebih jauhnya menjadi produk unggulan kota banjar,” tegasnya.

Source https://bandungberita.com https://bandungberita.com/bedog-manur-kerajinan-lokal-karya-seni-dari-desa-cibeureum/
Comments
Loading...