Kerajinan Bendera Di Kampung Bendera, Garut Tetap Eksis

0 287

Kerajinan Bendera Di Kampung Bendera, Garut Tetap Eksis

Sejak tahun 1970-an hingga saat ini, Kampung  Sayuran di Desa Haruman,   Kecamatan Leles, Kabupaten Garut terkenal dengan sebutan “Kampung Bendera”. Kampung yang berada dijantung wilayah Kecamatan Leles tersebut, mayoritas warganya memiliki kemampuan dalam menjahit atau membuat bendera merah putuh, juga umbul-umbul dan pernak pernik berbahan dasar kain lainnya. Bendera dan umbul-umbul hasil produksi warga setempat sudah lama dinikmati seluruh daerah lain di Indonesia, mulai dari Jawa hingga Papua.

H Encep, salah seorang warga Kampung Sayuran tepatnya di belakang Pasar Leles, Desa Haruman Kecamatan Leles mengaku sejak lama telah menggeluti usaha pembuatan bendera merah putih dan umbul umbul tersebut. Rumah tempat tinggal Encep inipun merangkap sebagai rumah produksi bagi para pengrajin yang dipekerjakannya untuk membuat bendera dan umbul-umbul pesanan langganannya. Hasil produksinya kata Encep, sudah  tersebar ke Jawa, Sumatra, Aceh hingga Papua melalui para pedagang dan distributor yang juga berasal dari Garut.

 Bendera Merah Putih  buatan Leles lanjut Encep, selain  unggul dari sisi kreasi dan pola pembuatannya juga terbilang seragam dalam ukuran dan bentuknya telah memiliki ciri khas tersendiri. “Kalau bendera atau umbul-umbul dan baligo khas Leles tidak bisa ditiru pembuatannya oleh daerah lain karena kita memiliki kehasan, mulai ukuran, kerapian hingga motif jahitan pasti ada pembedanya,”Tutur Encep sedikit merahasiakan khas bendera produksinya.

Menurutnya untuk proses pengerjaannya saat memproduksi bendera atau umbul-umbul biasanya dibagi bagi diantara para warga pengrajin bendera tersesebut. “Ada warga yang khusus menjahit ada pula yang hanya memotong bahan. Mereka terus mempertahankan kualitas dan inovasi produk nya,”Tegasnya.

Warga  Kecamatan Leles bertekad akan tetap mempertahankan kejayaannya sebagai Kampung Bendera yang selalu menghasilkan produksi Bendera Merah Putih yang unggul dengan omset penjualan hingga mliaran rupiah

Source https://www.cakrawala.co https://www.cakrawala.co/2017/07/30/hingga-kini-kampung-bendera-di-garut-tetap-eksis-berkibar/
Comments
Loading...