Kerajinan Bendera Di Leles

0 98

Kerajinan Bendera Di Leles

Hari Kemerdekaan membawa berkah bagi sejumlah orang. Kebebasan yang diraih  tak hanya memberi kepastian keamanan bagi rakyat tapi juga pemenuhan pundi pundi rupiah. Jelang hari besar nasional ada sejumlah orang yang menggantungkan peruntungannya dalam lembaran bendera yang dijajakan.

Bila diperhatikan pada tiap instansi pemerintah, perkantoran, rumah hingga sepanjang jalan berhiaskan bendera. Tapi pernakah berpikir dari mana asal bendera bendera itu. Di sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon berjajar para penjual bendera. Mulai dari Bendera Merah Putih, umbul umbul, bandir hingga backdrop bernuansa kemerdekaan.

Di sekitar kawasan Kapaha hingga arah Maluku City Mall terus hingga ke Passo Kota Ambon setidaknya ada 20 penjual bendera. Modelnya sama, jumlah dan harganya pun tak beda jauh.  Namun tak banyak yang menyangka, jika para penjual bendera ini merupakan tetangga warga satu kampung di Kecamatan Leles Kabupaten Garut Jawa Barat. “Ini semua bendera dari kampung. Tiap tahun kami pasti pergi ke daerah daerah buat jualan,” ungkap Erwin Gunawan, penjual bendera asal kampunh Leles.

?

Pria 22 tahun ini sudah 5 tahun jadi penjual bendera. Usai menamatkan sekolah menengah atas, dia lantas membantu orang tua yang berprofesi sebagai pembuat bendera. Profesi yang sama dilakukan anak anak Leles yang lain. Dia tak sendiri, Erwin datang bersama lebih dari 15 orang warga Leles mencoba peruntungan di Ambon.

Source https://terasmaluku.com https://terasmaluku.com/bendera-made-in-leles-berkibar-hingga-ke-timur-indonesia/
Comments
Loading...