Kerajinan Serat Agel Di Yogyakarta

0 247

Kerajinan Serat Agel Di Yogyakarta

Kerajinan berbahan dasar serat alami kian diminati. Tidak hanya di pasar lokal, kerajinan tangan ini juga diminati konsumen luar negeri. Salah satu serat yang digunakan untuk bahan baku kerajinan adalah serat agel.

Serat agel didapatkan dari daun pohon gebang. Ini adalah salah satu varian pohon palem. Serat pohon gebang dipakai untuk bahan pembuatan berbagai produk fesyen seperti tas, topi, dan dompet, karpet, tempat bantal dan taplak meja.

Salah satu sentra produksi serat agel ada di Yogyakarta. Selain unik dan klasik, produk anyaman serat agel juga ramah lingkungan. “Produk saya, 80% dipasarkan ke luar negeri,” tutur Susmirah, pemilik Jogjavanesia Craft di Jl. Raya Wates Km. 18, Sentolo, Kulon Progo, Sukoreno, Sentolo, Kulon Progo, Derah Istimewa Yogyakarta.

Tak pelak krisis ekonomi global menurunkan nilai omzet Susmirah. Jika pada tahun 1998, setiap minggu Susmirah mampu mendapat omzet hingga Rp 70 juta, kini omzetnya hanya Rp 50 juta per bulan. “Beda saat krisis ekonomi tahun 1997, produksi kita malah meningkat,” ujar perempuan yang sejak umur 14 tahun menekuni kerajinan serat agel ini.

Proses pembuatan kerajinan dari serat agel cukup panjang. Hal pertama yang kudu dilakukan, adalah mencari bahan baku serat dari pohon gebang yang banyak terdapat di Yogyakarta.Proses penjemuran memakan waktu sehari. Penjemuran dilakukan untuk membuat ranting lebih lentur. Setelah kering, baru masuk dalam proses pewarnaan dan pembuatan model tas. Satu produk tas agel membutuhkan waktu sekitar satu hingga tiga minggu untuk menganyamnya, tergantung motif. Dalam proses itu dibutuhkan ketelitian dan kesabaran. Setelah dianyam dan berbentuk seperti yang diinginkan, masuk tahap finishing dengan pemasangan resetling, puring dan kancing.

Karena proses yang panjang dan cukup rumit, Choripulanto bersama 12 perajinnya hanya mampu memproduksi 100 tas dari serat agel. “Karena rumit, maka satu tas harganya bisa mencapai Rp 55.000 hingga Rp 250.000,” katanya. Agar awet, produk serat agel harus dihindarkan dari tempat lembap.

Source Kerajinan Serat Agel Di Yogyakarta Kerajinan Serat Agel Di Yogyakarta
Comments
Loading...