Kerajinan Besek Ikan Di Desa Sumber Malang

0 313

Kerajinan Besek Ikan Di Desa Sumber Malang

Desa Sumbermalang, Kecamatan Wringin ternyata memiliki industri rumahan yang sangat besar yakni produksi bernyit ikan pindang yang bahannya terbuat dari anyaman bambu. Bahkan, produksi rumahan tersebut saat ini sudah menjadi binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Banyak warga setempat yang menggantungkan sebagian hidupnya di sector ini.
Industri rumahan membuat bernyit ikan pindang ini merupakan industri terbesar di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Hasil produksi bernyit tersebut saat ini telah dikirim ke sejumlah daerah utamanya di Jawa Timur semisal Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Situbodo, Bondowoso bahkan ke Madura termasuk pula Jember dan wilayah Tapal Kuda.
“Bahkan, tak sedikit orang yang berasal dari Jawa Tengah seperti Brebes, Kendal, Pati, Solo membeli produksi bernyit dari desa kami” Ujar Wiranto salah seorang perajin. Produksi rumahan tersebut saat ini juga menyerap banyak tenaga kerja terampil dari desa Sumbermalang, Kecamatan Wringin. Bahkan dari desa lain juga menjual hasil produksi mereka ke pengepul.
Untuk harga satu ikat bernyit ikan pindang dipatok dengan harga Rp 12 ribu. Harganya memang cukup murah, namun memiliki manfaat yang besar untuk penjualan ikan pindang. Sebab, dengan menggunakan bernyit itu, ikan pidang dapat ditata dengan bagus ketika dilakukan pengangkutan baik menggunakan sepeda motor maupun dalam jumlah besar dengan menggunakan mobil atau truk.
Source http://desasumbermalang.blogspot.co.id http://desasumbermalang.blogspot.co.id/2016/12/industri-bernyit-ikan-pindang-di-desa.html
Comments
Loading...