Kerajinan Besek Tembakau Di Bojonegoro

0 186

Kerajinan Besek Tembakau Di Bojonegoro

Minimnya jatah pembelian tembakau oleh sejumlah pabrikan rokok di Bojonegoro, tak urung membuat sejumlah pengrajin anyaman bambu berupa besek di daerah tersebut gigit jari. Bagaimana tidak, kebutuhan besek sebagai wadah tembakau bal-balan yang akan dikirim pengepul untuk pabrik, praktis menurun drastis seiring minimnya kebutuhan tembakau yang diserap oleh perusahaan rokok tersebut.
Di desanya ada puluhan pengrajin, terbagi dari beberapa spesialis mulai dari penyuplai bahan baku bambu, pengirat, penganyam dan pengepul besek, kini terpaksa banyak yang menganggur karena kuota kebutuhan besek sangat kecil. Ia menyebut, sejak salah satu pabrikan rokok dari kediri tidak melakukan pembelian tembakau di bojonegoro, sejumlah pengrajin besek di daerahnya gulung tikar.
“Kalaupun ada yang bertahan memproduksi, itu hanya mereka yang dapat job kontrak dari pabrik rokok yang melakukan pembelian tembakau. Itupun jumlahnya tidak banyak,” imbuhnya.
Para pengrajin anyaman besek yang biasanya ngalap berkah musim tembakau, kini banyak yang berpindah profesi. Ada yang mburuh tani, penambang pasir dan tidak sedikit yang nguli. “Pokoknya bekerja serabutan untuk bertahan hidup, daripada besek sudah nggak bisa diandalkan lagi,”  lanjutnya lagi.
Source http://www.reportaseindonesianews.com http://www.reportaseindonesianews.com/2015/10/pengrajin-besek-tembakau-bojonegoro.html
Comments
Loading...