Kerajinan Biji Salak Karya Mahasiswa UNY Di Sleman

0 234

Kerajinan Biji Salak Karya Mahasiswa UNY Di Sleman

Salah satu buah khas Yogyakarta ialah buah salak. Salah satunya ialah di Desa  Wisata Dusun Gadung, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Sleman, Yogyakarta. Melihat potensi tersebut, mahasiswa Fakultas Matematika IPA (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), membuat aneka macam kerajinan dari biji salak sebagai kerajinan lokal.

Mahasiswa FMIPA UNY itu adalah Puspa Hening, Estya Pawiati dan Desiana Nur Fajari yang menambah kemanfaatan biji salak, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuat Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) Kerajinan Biji Salak sebagai Asesoris Produk Kerajinan Lokal di Yogyakarta.

“Namun limbah biji salak saat ini belum banyak dimanfaatkan. Biji salak masih dianggap barang yang tidak memiliki nilai  jual. Untuk  itu kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan biji salak sebagai bahan kerajinan yang memilki nilai jual dan seni,” tambahnya.

Dijelaskan Puspa, pemasaran dan promosi berbagai produk mereka dengan  memanfaatkan jaringan internet. Mereka telah membuat toko online dengan alamat www.bijisalak.com. “Dengan sebuah  website  akan  dilihat oleh  calon  pembeli  potensial  dari seluruh nusantara, bahkan di seluruh dunia pun dapat berkunjung ke toko online kami,” tuturnya.

Desiana Nur Fajari menambahkan, meski belum banyak memproduksi, pemesanan yang datang dari luar kota cukup banyak. Saat ini, mereka tengah memfokuskan kegiatan produksi untuk memenuhi pemesanan. Toko online milik mereka terbukti mampu menarik banyak konsumen. Harga produk kreasi biji salak ini sendiri dijual dengan harga kisaran Rp30.000-Rp150.000.

Source https://nasional.sindonews.com https://nasional.sindonews.com/read/769128/15/kerajinan-biji-salak-karya-mahasiswa-uny-1375630244
Comments
Loading...