Kerajinan Bilik Bambu Bermotif Di Karawang

0 451

Kerajinan Bilik Bambu

Berawal hanya bermodalkan Rp 2 juta, ternyata usaha kerajinan membuat bilik bambu bermotif bagi Santim, warga Dusun Parungpung Desa Parungsari Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang terus berkembang. Malah berkat keuletannya, sejak dua tahun lalu hingga kini ia telah mampu turut membantu menghidupi tetangganya sampai 30 orang.

“Alhamdulillah, ketekunan dan kesabaran membawa berkah. Walau belum terbilang sukses, setidaknya saya sudah bersyukur ketika usaha yang sedang digarap sekarang tidak hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, tapi juga tetangga ikut terbantu. Mereka sama-sama bisa mencari nafkah dari pengembangan kerajinan membuat bilik bambu bermotif ini,” tutur Santim

Alhamdulillah, Allah SWT masih terus memberikan jalan terbaik. Sampai sekarang modal usaha terus berkembang hingga Rp 20 jutaan. Maklum modal kecil. Bagi saya yang terpenting terus jalan,” ucap. Semua bilik itu, menurutnya, sudah dipesan beberapa pengusaha matrial di Karawang, Cikarang, hingga Kota Bekasi. Ia hanya tinggal menunggu tambahan jumlah pesanan yang belum rampung. Setelah itu, semua pesanan diantarkannya langsung ke tempat si pemesan.

“Setiap hari per orang bisa menyelesaikan 1 lembar bilik motif dan 1 lembar bilik biasa. Ukuran yang dipesan, rata-rata 2 X 3 meter persegi. Harga relatif murah. Di sini kita jual Rp 30 ribu per meter. Terus terang saya tidak terlalu besar ngambil untung. Biar sedikit yang penting ngalir (terus menerus -red) lakunya. Kelebihan lain diperoleh dari sisa daging bambu. Ini tetap dapat dimanfaatkan untuk dibuatkan bilik biasa. Sebab bilik motif hanya butuh kulit bambunya saja. Itu pun bambu hitam,” papar Santim. Bahan baku, ia peroleh langsung dari daerah Loji di Kecamatan Tegalwaru.

Source Kerajinan Bilik Bambu Bermotif Di Karawang Kerajinan Bilik Bambu Bermotif Di Karawang
Comments
Loading...