Kerajinan Blangkon Di Solo

0 274

Industri rumahan kerajinan blangkon di Solo tumbuh pesat. Anggota Paguyuban Pengrajin Blangkon Solo, Slamet Djazuli mengaku dalam dua tahun terakhir pemesanan pembuatan blangkon makin sering didapat.

Bahkan  para pengrajin saat ini lebih sering melayani pesanan dari pada memroduksi untuk di jual sendiri ke pasar. Berkat Penggalakan Budaya dan Pariwisata oleh pemerintah menjadikan pesanan berkembang pesat.

Salah satu daerah di Solo yang terkenal sebagai sentral pembuatan blangkon adalah Daerah Serengan. Awalnya, di sini hanya ada dua perajin blangkon, yakni Slamet Djazuli dan Kaswanto, mereka sudah membuat blangkon sejak tahun ‘75. Namun kini sudah banyak perajin Blangkon lainnya.

Kerajinan pembuatan Blangkon pasarnya saat ini bukan sebatas di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan saja.  Melainkan telah merambah kawasan Asia seperti Singapura dan Thailand. Pengrajin pun optimistis dengan dorongan pemerintah, industri rumahan kerajinan blangkon dapat terus tumbuh dan berkembang hingga kawasan Eropa.

Teknik Membuat Blangkon

Teknik pembuatan blangkon adalah melipat kain atau mewiru dengan cara membasahi, membalik balik dan melipat untuk mendapatkan ukuran yang sama. Kain hasil wiru kemudian ditempatkan pada landasan kayu seukuran kepala atau biasa disebut klebut untuk kemudian dibentuk menjadi blangkon. Proses selanjutnya adalah merapikan dengan cara dipukul pukul dan membersihkan benang benang yang serabutan. Tahap akhir blangkon disikat dan dijemur panas matahari.

Source Sentra Kerajinan Blangkon Di Solo Kerajinan Blangkon Tumbuh Pesat di Solo
Comments
Loading...