Kerajinan Blangkon Suroyo Di Gondomanan

0 149

Kerajinan Blangkon Suroyo Di Gondomanan

Suroyo, perajin yang memiliki bengkel kerajinan blakon, mengaku kini menghadapi sulitnya jual beli blakon. Ia mengaku usahanya sempat jaya sebelum akhirnya kini merosot.

“Dulu sempat ekspor ke Eropa. Waktu itu blakon di sini saya kirim ke Belanda. Akhirnya mereka putusin gak terima barang saya lagi,” papar Suroyo, bercerita kepada¬†merahputih.com, saat ditemui di rumahnya, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Pria berawal kurus ini mengaku bahwa diputusnya suplai barang ke Belanda karena tidak adanya kesepakatan. Awalnya pengiriman ke Belanda sempat berjalan beberapa bulan, dengan antusiasnya penerima barang di negeri kincir angin tersebut.

“Terus itu mereka maunya buat blankon dijahit pakai mesin. Wong ini kerajinan tangan. Mana mungkin pakai mesin. Dari situ, nggak ada lagi ekspor, merekanya gak mau terima blakon jahitan tangan,” imbuh Suroyo.
Suroyo menjelaskan, saat ekspor tersebut, pegawai kerajinannya mencapai 15 orang. Kini usahanya mulai menurun, hanya dengan mempekerjakan 6 karyawan saja

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/blankon-suroyo-tak-lagi-diekspor-ke-belanda
Comments
Loading...