Kerajinan Bola Takraw Di Polewali

0 324

Kerajinan Bola Takraw Di Polewali

Jika jeli melihat kebutuhan pasar, masyarakat bisa dengan mendapatkan penghasilan tambahan. Tengok saja warga Desa Patambanua, Polewali, Sulawesi Barat. Ratusan kepala keluarga di desa yang terletak sekitar 75 kilometer dari Kota Polewali ini menganyam bola sepak takraw sebagai sumber penghasilan tambahan.

Kerajinan bola takraw ini semula hanya digeluti sekelompok perajin yang mempekerjakan sejumlah anak-anak putus sekolah. Namun dalam tempo singkat, usaha ini berkembang menjadi industri rumah tangga yang diminati warga. Banyaknya sumber bahan baku rotan di sekitar desa juga mendukung pengembangan usaha ini.

Darwis, misalnya. Anak putus sekolah ini sudah setahun lebih memiliki usaha kerajinan takraw. Ia bahkan mempekerjakan lima anak putus sekolah lainnya. Kelompok Darwis mampu menghasilkan 20 sampai 40 bola takraw setiap hari.

Usaha ini cukup membantu pendapatan warga yang umumnya bekerja sebagai petani pisang dan ubi. Dengan menjual hasil kerajinannya antara Rp 1.500 hingga Rp 3.000 per buah, para perajin mampu menyisipkan pendapatan rata-rata Rp 200 ribu per minggu. Mereka mengirim produknya untuk memenuhi permintaan pemilik toko di kawasan Wonomulyo dan Polewali.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/news/read/120982/bola-takraw-penghasilan-tambahan-warga-polewali
Comments
Loading...