Kerajinan Boneka Batik Di Bogor

0 309

Kerajinan Boneka Batik Di Bogor

Produk kerajinan khas Kota Bogor yang ditawarkan di Galeri Kerajinan di halaman parkir II Botani Square semakin lengkap. Beragam aksesoris hasil karya usaha kecil menengah (UKM) hadir dan memberikan perhatian bagi pengunjung mall yang melintas.

Salah satu karya yang terbaru berbagai jenis boneka. Dari beberapa UKM yang menjual produk sejenis, satu di antaranya boneka berbahan batik dari Dumpa Production yang tak lain karya dari Desty. Menurut pengelola Galeri Kerajinan Saepudin Zuhri, batik yang digunakan merupakan kain perca.

“Memanfaatkan bahan batik sisa, tidak cuma luar saja yang pakai bahan batik, tapi untuk mengisi bagian dalam boneka juga bahan bekas, lebih banyak pakai perca,” ungkap Saefudin.

Boneka batik karya Desty dapat berdiri tegak. Umumnya bertema hewan yang diidolakan masyarakat. Seperti kijang, anjing, kucing, kodok dan beberapa binatang lain. Ukurannya beragam. Harga bervariasi, tergantung ukuran dan model. Produksi disesuaikan kebutuhan dan pasar. Saefudin menambahkan, model binatang tidak statis. Satu bulan tidak semua boneka binatang diproduksi.

Karena menggunakan bahan bekas atau sisa, harga sangat terjangkau untuk semua kalangan, yakni Rp18-122 ribu. Tak hanya dalam bentuk boneka, Dumpa Production juga membuat karya dalam bentuk gantungan kunci. Temanya juga binatang. “Harga hanya kisaran Rp10 ribu,” tukasnya.

Saat ini Dumpa Production tak hanya menjual sesuai stok barang yang ada saja, tapi juga menerima pesanan sesuai dengan keinginan konsumen.

Konsumen dapat menentukan warna, ukuran dan  model binatang yang akan dipilih. Pesanan dalam porsi besar, harus beberapa minggu sebelumnya. Terutama pemesanan dengan warna yang sama. Harga pesanan sedikit berbeda dengan membeli stok barang.

Source https://bogor.pojoksatu.id https://bogor.pojoksatu.id/baca/keren-ada-boneka-batik-ramaikan-galeri-kerajinan-bogor
Comments
Loading...