Kerajinan Boneka Benang Rajut Di Surabaya

0 228

Kerajinan Boneka Benang Rajut Di Surabaya

Di Korea atau Jepang boneka rajut memang paling digemari oleh masyarakatnya. Selain unik, dua negara tersebut menjadi pencetus pembuat boneka hand made berbahan benang ini. Tak heran jika Sari Satriani, pembuat boneka rajut asal Surabaya ingin membuat boneka serupa. Berawal dari coba-coba melihat temannya membuat tas dan boneka rajut di 2010, dirinya tercetus untuk belajar.

Ternyata usaha belajar secara otodidak berbuah manis, pada 2013 ia mencoba membuat boneka berkarakter kura-kura dan kelinci untuk mencoba dijual. Respon positif ia dapatkan sejak saat itu. Selanjutnya, Sari pun membuat boneka rajut berkarakter macam-macam, seperti gajah, pinguin, bear.

“Tahun 2010 itu saya kepincut buat rajutan karena lagi booming. Saya penasaran minta belajar ke teman bikin bunga. Lalu beli sendiri bukunya dan membuat pola serta lihat youtobe. Nah, keterusan akhirnya,” cerita Sari.

Cara membuatnya pun harus ekstra telaten, karena pembuatan satu boneka harus sesuai dengan pola. Jika tidak, maka hasil rajutan akan berbeda. Dalam sehari ibu satu anak ini bisa membuat tiga boneka rajut kecil berdiameter 9-10 cm dengan lebar 5-6 cm. Sedangkan untuk yang besar dengan diameter 32 cm dengan lebar 15 cm sehari ia mampu mengerjakan satu boneka.

Bahan yang digunakan pun cukup terpilih, yakni benang soft katun, dakron, mata boneka, aplikasi pita dan gantungan. Dibandrol dari harga Rp 35 ribu hingga Rp 200 ribu, konsumen bisa langsung pesan via sosial media Instagram @sarirajut.

“Pemasaran selain ikut bazar kita kirim seluruh Indonesia sesuai kebutuhan. Tapi ya pesan ngga bisa dadakan, harus beberapa minggu sebelumnya. Bahkan kita ada yang pesan dari luar, tapi masih belum berani,” ungkapnya. 

Source http://beritajatim.com http://beritajatim.com/gaya_hidup/318056/uniknya_boneka_berbahan_benang_rajut.html
Comments
Loading...