Kerajinan Boneka Dari Bulu Domba Di Bogor

0 291

Kerajinan Boneka Dari Bulu Domba Di Bogor

Bulu  umumnya hanya dijadikan sebagai produk buangan dari kegiatan budidaya ternak domba. Padahal dengan sedikit sentuhan kreativitas dibantu seperangkat peralatan pendukung, bulu  domba bisa dijadikan aneka produk yang bermanfaat bagi kehidupan.

Adalah Sri Wahyuni yang memiliki minat besar  menghasilkan aneka jenis produk kerajinan berbahan baku utama bulu domba. Direktur PT. Swen Inovasi Transfer yang bergerak di bidang produksi dan pemasaran peralatan peternakan ini tengah merintis usaha kecil yang memproduksi aneka barang  kerajinan dari bulu domba.

Dari kantor dan ruang workshopnya yang berada di kawasan Ciomas Bogor Jawa Barat, ibu tiga anak ini bersama sejumlah karyawannya memproduksi  barang-barang seperti kemoceng, taplak meja, hiasan dinding dan yang terbanyak adalah aneka ragam boneka termasuk boneka berbentuk hewan ternak.

“Proses pengolahan bulu domba  sangat mudah dilakukan tanpa perlu melakukan penjahitan.  Hanya memang ada beberapa peralatan yang masih harus diimpor seperti jarum khusus untuk pembuatan boneka yang kami impor dari Jepang,” katanya.

Pengolahan bulu domba, menurut Sri Wahyuni, harus melalui beberapa tahapan. Bulu hasil pencukuran terlebih dahulu harus dicuci bersih, jika diperlukan bisa menggunakan pemutih. Tahapan selanjutnya dilakukan pewarnaan, kemudian  bulu domba disisir, dilakukan penggulungan baru kemudian dibentuk menjadi boneka  atau dipintal untuk kemudian dijadikan benang wol, pakaian atau taplak meja mungil.

Sri Wahyuni  tak ingin piawai sendiri dalam menghasilkan produk boneka cantik berbahan baku bulu domba. Ia juga menawarkan jasa pelatihan bagi mereka yang berminat untuk belajar melakukan bisnis menghasilkan boneka dari bulu domba.

Secara rutin setiap tahun ia menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Bulu Domba di Bogor  dengan fasilitas ruang pelatihan dan praktek yang sangat memadai. Biaya pelatihan ditetapkan sebesar Rp 4,5 juta per orang. “Waktu pelatihan dapat disesuaikan dengan keinginan peserta lebih dari sepuluh orang,” ujarnya.

Source http://tabloidsinartani.com http://tabloidsinartani.com/content/read/kerajinan-boneka-dari-bulu-domba/
Comments
Loading...