Kerajinan Boneka Flanel Karya Mahasiswa Di Lampung

0 151

Kerajinan Boneka Flanel Karya Mahasiswa Di Lampung

Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Dita Dwi Ratnasari mengenalkan pakaian adat Lampung melalui kerajinan tangan boneka flanel.

Produk boneka flanel berpakaian adat Lampung itu, menurut Dita, mahasiswa IBI Darmajaya, di Bandarlampung, dirintisnya bersama alumni Darmajaya Vergawati Sukma AS, dengan mengusung merek “Vergawati Craft“.

Bisnis yang dibangun sejak 2013 tersebut, membuat keduanya kini mampu meraih omzet hingga jutaan rupiah per bulan.

“Boneka flanel berpakaian adat Lampung ini kami jual seharga mulai dari Rp10 ribu seukuran gantungan kunci hingga Rp400 ribu seukuran kotak besar. Produk kami ini biasanya dipesan oleh toko suvenir dan sanggar, untuk diberikan saat tampil di luar kota atau saat menerima tamu dari luar kota sebagai cenderamata khas daerah Lampung,” ujar Dita lagi.


Menurut Dita, Vergawati Craft juga menjual berbagai kerajinan tangan kain flanel, seperti bunga, sarung handphone, tempat tisu, sarung toples, dan lainnya.

Mahasiswa semester III Jurusan Akuntansi ini melakukan promosi dan pemasaran produknya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Pemesanan bisa melalui Instagram @vergawati_craf, BBM D16BF772 dan WhatsApp 089657780178.

Tak hanya produk boneka flanel adat Lampung, dalam bazar technopreneurship juga menampilkan beragam produk usaha kreatif mahasiswa mulai dari kuliner, fashion, cenderamata, dan kerajinan tangan lainnya.

Adapula produk penelitian yang dihasilkan mahasiswa, seperti alat smart storage untuk melaporkan persediaan bahan pokok kebutuhan di dapur melalui smartphone, dan alat jemuran otomatis yang bekerja menggunakan sensor cahaya dan air yang dikembangkan mahasiswa dari Hima Sistem Komputer dan Teknik Komputer (Stekom) Darmajaya.

Menanggapi itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya IBI Darmajaya Muprihan Thaib SSos MM mengapresiasi serta mendukung para mahasiswa Darmajaya untuk memiliki jiwa technopreneur dan organisator.

“Sesuai dengan tagline, `Be Bold, Be Vibrant, Be Technopreneur`, Darmajaya ingin membentuk mahasiswa berjiwa technopreneur yang mandiri, tak hanya mampu bersaing mencari pekerjaan tetapi bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” katanya pula.

Source https://lampung.antaranews.com https://lampung.antaranews.com/berita/292944/mahasiswa-darmajaya-kembangkan-kerajinan-tangan-boneka-flanel
Comments
Loading...