Kerajinan Boneka Kayu Di Subang

0 208

Kerajinan Boneka Kayu

Produk kreatif buatan perajin Subang telah menembus pasar Eropa. Khusus boneka sayuran terbuat dari bahan baku kayu mampu menembus pasar Prancis dan Belanda. Walaupun volume pesananya belum besar, tetapi mereka sudah rutin mengirim ratusan buah boneka itu ke dua negara tersebut setiap tiga bulan sekali.

“Kirim ke Belanda dan Prancis mulai tahun 2000-an, sampai saat ini masih jalan. Tapi kirimnya per tiga bulan. Produknya beragam, paling banyak boneka sayuran dan binatang. Biasanya sekali kirim beberapa model, per model puluhan buah,” kata Ade Rukmana perajin boneka dan miniatur kayu di Cinangsih, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang.

Dia mengatakan, produk kerajinan yang dibuatnya mayoritas masih pesanan lokal, yaitu berupa miniatur binatang seperti bebek dan harimau. Untuk pasar Eropa, boneka kayu berbentuk sayuran lebih diminati. “Kalau boneka gantung sayuran ini di pasar lokal tidak laku, tapi di Prancis dan Belanda peminatnya banyak. Biasanya dipakai buat hiasan gantung. Kalau binatang yang dikirim ke luar negeri kebanyakan bebek-bebekan,” katanya.

Ade mengatakan, bahan baku kayu yang digunakan kebanyakan jenis kayu lame, tetapi ada juga yang dibuat dari bahan tunggul pohon bambu. “Proses kerjanya setelah dibentuk ada yang di cat, tapi ada juga yang membuat detailnya menggunakan solder, seperti motif bulu harau dan bebek,” katanya.

Selain memproduksi desain yang sudah ada, Ade juga mengatakan bisa menerima pesanan desain dari konsumen. Sedangkan patokan harga jual di tempatnya beragam, paling murah Rp 35.000 hingga jutaan rupiah. “Harga variasi tergantung tingkat kesulitan, ukuran, dan bahan bakunnya,” ujarnya

Source Kerajinan Boneka Kayu Di Subang Kerajinan Boneka Kayu Di Subang
Comments
Loading...