Kerajinan Boneka Maskot Di Yogyakarta

0 144

Kerajinan Boneka Maskot Di Yogyakarta

Selain dijadikan sebagai barang koleksi atau mainan bagi buah hati tercinta, sekarang ini boneka seringkali dijadikan sebagai alat promosi (maskot) dan souvenir dalam beberapa kesempatan. Melihat bentuk boneka yang semakin beragam, tidak heran bila sekarang ini tak hanya konsumen anak-anak dan kalangan remaja putri saja yang tertarik dengan boneka. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang akhirnya memilih boneka sebagai maskot perusahaan ataupun dijadikan sebagai bingkisan souvenir dalam berbagai event yang mereka adakan. Pasar inilah yang kemudian dilirik Rusfan Hamid yang sejak tahun 2010 silam mulai merintis bisnis pembuatan boneka.

Ditemui di bengkel produksinya, Rusfan mengaku bahwa sebelum menekuni bisnis boneka seperti sekarang ini, beliau sempat menjalankan bisnis jual/ sewa kostum badut di seputaran kota Yogyakarta. “Mulanya saya melayani pemesanan dan persewaan kostum badut, namun berhubung banyak konsumen yang memuji kualitas kostum badut yang saya produksi, banyak diantara mereka yang akhirnya menyarankan kenapa tidak dibuat boneka kecil,” ujarnya. Dari sinilah Rusfan mulai tertarik memproduksi aneka macam boneka yang banyak dipesan perusahaan-perusahaan untuk dijadikan maskot maupun souvenir.

Berbekal kain flanel atau kain boneka yang Ia dapatkan di kota Jogja, Rusfan mengaku bahwa desain boneka yang paling banyak dipesan konsumen adalah boneka hewan dan boneka karakter atau tokoh kartun yang sedang digandrungi anak-anak. Dibantu oleh 20 orang tenaga kerjanya, proses produksi boneka dimulai dari membuat desain, memilih bahan, dan membuat pola sesuai dengan desain yang diinginkan. Setelah pola terbentuk, selanjutnya potong kain yang akan digunakan dan jahit potongan-potongan tersebut sebelum akhirnya diisi dengan bahan dakron.

Source https://bisnisukm.com https://bisnisukm.com/membuat-boneka-maskot-dan-souvenir-yang-unik.html
Comments
Loading...