Kerajinan Bonggol Bambu Di Sumedang

0 162

Kerajinan Bonggol Bambu

Di tangan seniman, apapun bisa bernilai seni dan punya nilai jual tinggi. Bonggol bambu yang kebanyakan dibiarkan bahkan dibakar dan jadi kayu bakar, ternyata juga bisa menjadi media kerajinan seni. Pasarnya pun tak hanya lokal, nasional, tapi juga bisa tembus luar negeri. Iswanto adalah salah satu perajin bonggol bambu di Kepanjen, Jalan Locari Kelurahan Cempoko Mulyo.

Namun secara tidak sengaja ada pesanan dari tetangga untuk membuat miniatur naga untuk rumah ibadah. Dari karya pertama saya tersebut saya kemudian terinspirasi untuk terus mengembangkannya,” ujar Iswanto. Ia menjelaskan, kerajinan yang ditekuninya baru lima bulan tersebut merupakan kerja sampingan bagi Wanto. Sehari-harinya ia bekerja sebagai pekerja bangunan. Bahan kerajinan bonggol bambu yang dikerjakannya merupakan limbah yang hanyut di sungai. “Bonggol bambu yang saya dapatkan tidak beli, melainkan mencari di sungai seusai banjir.

Setelah bahan terkumpul barulah melakukan pemilihan bahan dan merangkainya sesuai pesanan,” terangnya. Wanto bisa menyelesaikan satu karya setiap harinya, tergantung dengan ukuran yang dikerjakannya. Untuk ukuran panjang 50 cm ia bisa selesaikan dalam satu hari. Sedangkan panjang mencapai 2 m, ia dapat menyelesaikannya selama tiga hari. Karya yang dhasilkan pun bermacam-macam. Mulai bentuk singa, kura-kura hingga orang-orangan sawah. “Selain suka seni lukis dan relief, bisa dibilang ada keturunan dari orang tua dalam bidang seni.

Source Kerajinan Bonggol Bambu Di Sumedang Kerajinan Bonggol Bambu Di Sumedang
Comments
Loading...