Kerajinan Bonggol Jagung Di Sleman

0 278

Kerajinan Bonggol Jagung Di Sleman

Kreatif, mungkin kata itu yang paling pas untuk disematkan pada lelaki bernama Stefanus Indri Sujatmiko, warga Sendang Agung, Minggir, Sleman ini. Dari tangan kreatifnya, lelaki yang biasa disapa Indri ini menghasilkan aneka macam kerajinan unik yang bernilai ekonomi tinggi dari bahan dasar bonggol jagung.

Limbah bonggol jagung atau yang biasa dalam bahasa Jawa di sebut ‘janggel jagung’, oleh sentuhan tangan Indri disulap menjadi pipa rokok, lampu tidur, lampion, tempat tisu, tatakan gelas, meja kursi, miniatur bangunan yang menjadi icon dunia bahkan sampai lukisan tokoh dunia.

Stefanus Indri Sujatmiko bercerita, tercetus kerajinan berbahan dasar bonggol jagung bermula ketika setahun lalu, tepatnya januari tahun 2016 dirinya mendapati banyaknya limbah jagung di sekitar rumah kediamanya di Sleman.

“Masyarakat kan banyak yang menjadi petani jagung, limbahnya banyak sekali. Melihat itu, saya berfikir, bagaimana caranya limbah itu bisa dimanfaatkan dan menghasilkan uang,” cerita Stefanus Indri Sujatmiko.

Atas kerja keras dan kreatifitasnya, Stefanus Indri Sujatmiko diganjar berbagai penghargaan di antaranya pelaku kreativitas di desa budaya Sendang Agung, Sleman, Juara 2 pelaku inovasi Daerah Istimewa Yogyakarta, masuk sebagai juara 100 besar terbaik dari 24.000 pelaku usaha kreatif dari seluruh Indonesia.

Source Kerajinan Bonggol Jagung Di Sleman Kerajinan Bonggol Jagung Di Sleman
Comments
Loading...