Kerajinan Bonsai Berbahan Limbah Di Batu

0 290

Kerajinan Bonsai Berbahan Limbah

KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Desa Oro Oro Ombo Kecamatan Junrejo Kota Batu telah membuat kerajinan Kanibal (Karya Seni Berbahan baku Limbah) yaitu berbahan baku Gedebok Pisang Kepok  atau Pisang KluthuK, dan serbuk gergaji.

Usaha kerajinan menghasilkan duplikat tanaman Bonsai yang berbentuk tanaman pohon  dan  pemandangan alam digeluti oleh Wariyaji setelah melihat serbuk gergaji dari tetangganya yang jumlahnya melimpah terbuang sia-sia.

Produk yang sudah berhasil dipasarkan oleh Wariyaji yaitu Miniatur Kondang Merak sudah terjual seharga Rp 3.500.000 dibeli oleh Pengusaha Penginapan/Home Stay dari Kota Malang. Miniatur bonsai mini dibeli Ibu Walikota Batu Dewanti Rumpoko sejumlah 10 buah. Sayangnya pengerjaan kerajinan ini bisa dilaksanakan dimusim kemarau saja, karena proses penjemuran membutuhkan waktu yang relatif lama.

Harapan Wariyaji pada Pemerintah Kota Batu, supaya mendapatkan perhatian agar karya seni limbah mendapatkan  perhatian. Seperti Seni Sepeda Carang berbahan baku carang bambu di Dusun Santrean Desa Sumberejo, Pengrajin Tas berbahan Mendong dan Gedebok pisang dari Desa Sumberejo, Pengrajin limbah Jambe dibuat bunga di Desa Junrejo.

Source Kerajinan Bonsai Berbahan Limbah Kerajinan Bonsai Berbahan Limbah
Comments
Loading...