Kerajinan Bordir Di Indramayu

0 253

Kerajinan Bordir Di Indramayu

Kerajinan bordir di Indramayu tepatnya di Desa Sukawera, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, puluhan warga  menggantungkan hidupnya dari usaha ini.

Desa inilah produksi bordir tergolong besar di Indonesia setelah Tasikmalaya. Bila memasuki desa ini kita akan disambut dengan beberapa papan nama perajin bordir. Di dalam rumah perajin itu biasanya berjejer pemuda dan pemudi yang duduk dan terus setia menjejakkan kakinya pada pedal mesin jahit. Gulungan benang, tumpukan kain dan suara mesin jahit telah menjadi pemecah kesepian tersendiri.

Menurut, Asikin, dengan 700 kepala keluarga (KK) ini, hampir 80% warganya melakukan aktivitas membordir. Namun membordir belum dijadikan penghasilan utama, karena masih banyak warganya yang memilih menjadi TKW. Adapun enam produk bordir yang sudah cukup terkenal adalah Sekar Indah BordirMelati Jaya BordirAlfariska BordirAnas Jaya Bordir dan Alam Jaya Bordir.

”Perajin bordir yang sudah cukup terkenal kurang lebih delapan kelompok perajin yang masing-masing memiliki tenaga kerja 20 hingga 50 orang. Jumlah ini belum termasuk mereka yang bekerja secara mandiri atau perorangan. Disamping itu tidak sedikit orangtua yang sengaja menyediakan mesin jahit sesuai dengan jumlah anaknya,” papar Asikin kepada Blakasuta ketika ditemui di kediamannya,

Source Kerajinan Bordir Di Indramayu Kerajinan Bordir Di Indramayu
Comments
Loading...