Kerajinan Bordir Lambaro Di Aceh

0 110

Kerajinan Bordir Lambaro Di Aceh

Bordir Aceh hasil tangan perempuan Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh yang memiliki keunggulan pada teknik bordiran dan keunikan pada motifnya memiliki peluang besar untuk tembus pasar ekspor.

Ketua Dekranasda Aceh, Niazah A Hamid menyampaikan hal ini dalam kunjungannya ke desa kerajinan bordir di Lambaro Skep. Niazah mengatakan, bordir Aceh khas Lambaro Skep saat ini terus naik daun, dalam beberapa kesempatan pameran di Jakarta, bordir ini mendapat perhatian para pengunjung dan buyer.

“Bordir Aceh saat ini mulai dipasarkan ke luar Aceh seperti daerah Sumatera Utara dan Jakarta, bahkan sampai ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam,” katanya.

Menurutnya, Gampong Lambaro Skep, salah satu gampong yang punya peran penting di Banda Aceh ini. Kaum perempuan sudah mulai banyak menggeluti usaha bordir khas Aceh tersebut.

Hal ini terbukti sentra produksi bordir Aceh gampong setempat cukup potensial dan sudah beberapa kali meraih juara, seperti desa kerajinan se-Aceh. “Ada sembilan kelompok kerajinan bordir Aceh yang terdapat di Lambaro Skep dan kelompok ini merupakan binaan kami,” kata Niazah.

Niazah juga menyampaikan, untuk keberlangsungan usaha yang telah ditekuni oleh perempuan-perempuan gampong setempat, sudah sepatutnya para pengrajin mempertahankan mutu, kualitas, desain, packing produk, serta memiliki ciri khas.

“Sudah seharusnya juga para pengrajin bordir mampu melihat apa yang sedang menjadi trend di masyarakat saat ini,” imbuhnya. Selain itu, Niazah mengharap, sudah seharusnya produk-produk kerajinan Aceh dapat bersaing dipasaran, baik ditingkat nasional maupun mancanegara.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Dekranasda Aceh, Niazah A Hamid didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Safwan dan Wakil Walikota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin menyerahkan bantuan berupa kain baju berbahan sifon ceruti 90 meter dan jilbab paris empat kodi. Dengan jumlah total bantuan itu sebesar Rp 5.000.000

Sementara itu, Wakil Walikota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin didampingi Geuchik Gampong Lambaro Skep Banda Aceh, Nurdiansyah Yusuf mengatakan, usaha bordir di Lambaro Skep sudah tumbuh sebelum bencana tsunami. Namun sejak tahun 2008, kerajinan yang mereka lakukan itu mulai diminati banyak kalangan.

Source http://aceh.tribunnews.com http://aceh.tribunnews.com/2015/09/02/bordir-lambaro-skep-berpotensi-ekspor
Comments
Loading...