Kerajinan Botol Bekas Di Yogyakarta

0 496

Kerajinan Botol Bekas Di Yogyakarta

Bagi sebagian orang, sampah sering dianggap sebagai barang yang tidak berharga. Namun di tangan Eni Aryani warga asal Jl. Prawirotaman No.42, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta Sampah justru menjadi sumber pemasukan tambahan dengan omzet yang cukup besar.

Dengan hanya bermodal kaleng dan kayu bekas, Eni mampu meraup omzet hingga puluhan bahkan ratusan juta setiap bulannya. Ia berhasil menyulap sampah seperti kaleng dan kayu bekas menjadi barang hiasan dan kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Eni mengatakan barang hiasan kerajinan tangan yang ia buat biasanya berasal dari kaleng dan kayu bekas serta memiliki ciri khas keunikan yang berbeda dari produk kerajinan tangan lainnya. Selain itu, Eni juga memberikan sentuhan berbeda pada motif dan desain agar menarik perhatian para pelanggannya.

Alhasil, Eni telah berhasil membuat lebih dari 20 macam produk, misalnya kaleng kerupuk, tenong, guci tempel, vas bunga, ceret angkringan, dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya.

Awal bisnis di tahun 2014, Eni mengaku hanya menggelontorkan modal sebesar Rp 5 juta. Modal tersebut sebagian besar digunakan untuk membeli bahan baku berupa barang bekas serta cat akrilik yang digunakan sebagai pewarna.

“Kalau omzet sih naik turun. Kalau  saya mengikuti pameran omzetnya bisa mencapai puluhan juta bahkan Rp 100 juta. Kalau bulan biasa, tidak mengikuti pameran, paling di atas Rp 20 juta,” ucapnya.

Source Kerajinan Botol Bekas Di Yogyakarta Kerajinan Botol Bekas Di Yogyakarta
Comments
Loading...